Relationship between Grit and Achievement Motivation for University Student During Online Learning


Hubungan Antara Grit Dan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara Yang Mengikuti Pembelajaran Daring


  • (1) * Nurul Alisha Syarifuddin Syarifuddin            Universitas Sumatera Utara  
            Indonesia

  • (2)  Suri Mutia Siregar            Universitas Sumatera Utara  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara grit  dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa selama sistem pembelajaran daring. Selama masa pandemi Covid-19 mahasiswa melakukan pembelajaran daring. Berdasarkan survei preliminary menunjukkan mahasiswa mengalami sejumlah kendala selama mengikuti perkuliahan daring, antara lain tugas yang terlalu banyak, kelelahan fisik, dan motivasi yang menurun. Motivasi dapat mendorong seseorang untuk lebih fokus, lebih gigih, dan lebih tekun dalam menyelesaikan tugas dan menghadapi banyaknya kendala dalam perkuliahan daring. Kegigihan dan ketekunan individu dalam menghadapi kendala dan tantangan disebut dengan istilah grit. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa grit berpengaruh terhadap motivasi berprestasi individu. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif pada Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara dengan jumlah sampel sebanyak 241 mahasiswa angkatan 2017, 2018, dan 2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan accidental sampling. Grit diukur menggunakan skala yang dikembangkan oleh Edwina dan Vivekananda (2017), sedangkan motivasi berprestasi diukur menggunakan skala motivasi berprestasi. Data dianalisis menggunakan rumus korelasi Spearman-Brown dengan koefisien korelasi (r)=-0.592 dan nilai signifikansi (p)=0.000 (p<0.005). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif antara grit dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa selama pembelajaran daring.

References

Brizendine, L. (2010). Male Brain. (A. Cahyani, Trans.) Jakarta Selatan: UFUK PRESS.

Changlek, A., & Palanukulwong, T. (2015, June). Motivation and Grit : Predictors of Language Learning Achievement. Veridian E-Journal, Volume 8, 23-38. Retrieved Oktober 2020

CNN, I. (2020). 7 Dampak Pandemi yang Beresiko dihadapi Anak. Jakarta: CNN Indonesia. Retrieved November 27 , 2020, from https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200722142651-284-527653/7-dampak-pandemi-yang-berisiko-dihadapi-anak-anak

Daulay, N. (2017). Struktur Otak dan Keberfungsiannya pada Anak dengan Ganggua Spektrum Autis: Kajian Neuropsikologi. Buletin Psikologi, Vol. 25 No. 1, 11-25. doi:10.22146/buletinpsikologi.25163 DOI: https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.25163

Djamaluddin, A. (2014, Maret 2). Filsafat Pendidikan. Istiqro', Vol. I, 129-135. Retrieved Desember 25, 2020

Duckworth, A. (2016). GRIT : Kekuatan Passion + Kegigihan. (F. Ilyas, Trans.) Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Retrieved November 9, 2020

Edwina, I. P., & Vivekananda, N. A. (2017). Kontribusi Grit dan IQ terhadap Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha Bandung. Universitas Kristen Maranatha. Retrieved 2021 DOI: https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i3.756

Fatimah, S. (2020). Mahasiswa Bosan Kuliah Daring. Jawa Barat: detikNews. Retrieved September 4, 2020

Gravetter, F. J., & Forzano, L.-A. B. (2012). Research methods for the behavioral sciences (4th edition ed.). United States: Linda Schreiber-Ganster.

Jati, A. (2020). Asal-Usul VIrus Corona Covid-19, Apakah dari alam atau Labolatorium? Jakarta: Liputan 6. Retrieved November 6, 2020, from https://m.liputan6.com/bola/read/4221324/asal-usul-virus-corona-covid-19-apakah-dari-alam-atau-laboratorium

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020, Maret 17). Retrieved September 2020, from SE Mendikbud : Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19

Lahey, B. B. (2012). Psychology An Introduction. New York : McGraw-Hill.

Low, R., & Jin, P. (2012). Encyclopedia of the Sciences of Learning. Achievement motivation, 47-51. doi:https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1428-6_199 DOI: https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1428-6_199

Runtung. (2020). Surat Edaran Rektor Universitas Sumatera Utara. Medan: Universitas Sumatera Utara. Retrieved 2020

Saifuddin, M. (2019, Agustus). Pengaruh Senam Latih Otak (Brain Gym) terhadap Motivasi Belajar Siswi Kelas XI MA Ruhul Amin Yayasan SPMAA Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Jurnal Surya, Vol. 11 No. 02, 46-53. Retrieved September 2020 DOI: https://doi.org/10.38040/js.v11i02.38

Samosir, N., & Zuhir, E. (2019, Februari). PENGARUH PEMBERIAN BRISK WALKING UNTUK MENGURANGI KETERGANTUNGAN. Jurnal Ilmiah Fisioterapi (JIF), Volume 2 nomor 01, 15-21. Retrieved Oktober 2019, from file:///C:/Users/ASUS/Downloads/919-Article%20Text-2095-1-10-20190810%20(1).pdf

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology (5th ed.). New York, America: McGraw-Hill. Retrieved September 5, 2020

Schunk, D., Meece, J., & Pintrich, P. (2014). Motivation in Education (4th ed.). London: Pearson Education Limited.

Sudarji, S., & Juniarti, F. (2020, Februari). Perbedaan Grit pada Mahasiswa Perantau dan Bukan Perantau di Universitas "X". PSYCHE : Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung, Vol. 2 No. 1, 1-11. Retrieved 2020 DOI: https://doi.org/10.36269/psyche.v2i1.176

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta. Retrieved Januari 4, 2021

Vivekananda, N. L. (2017, Desember 3). Studi Deskriptif mengenai Grit pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha Bandung. Humanitas, Vol. 1, 183 - 196. Retrieved Januari 30, 2021 DOI: https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i3.756

Winarto, J. T., Hayati , E. N., & Situmorang, N. Z. (2019, Agustus 08). Gambaran Grit pada Mahasiswa Psikologi Profesi Universitas X yang Menyelesaikan Studi Tepat Waktu. Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 529-537. Retrieved September 2020

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2022-05-31
 
Section
Articles