The Relationship Between Emotional Intelligence and Teacher Performance (Study on SDI Sabilil Huda Sumorame-Temple Teacher)


Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kinerja Guru (Studi Pada Guru SDI Sabilil Huda Sumorame-Candi)


  • (1) * Muhammad Zainal Abidin            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

  • (2)  Iswatun Nisak            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Kinerja guru adalah kesanggupan dan kecakapan para guru dalam menciptakan suasana komunikasi yang edukatif antara guru dan peserta didik yang mencakup suasana kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai upaya mempelajari sessuatu berdasarkan perencanaan sampai dengan tahap evaluasi dan tindak lanjut agar mencapai tujuan pengajaran. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban atas rumusan masalah “apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional (X) dengan kinerja pada (Y) guru SDI Sabilil Huda Sumorame, Candi Kabupaten Sidoarjo?” Jumlah populasi dalam penelitian ini 25 orang guru dan dengan taraf kesalahan 1% diperoleh sampel 24 orang guru dengan menggunakan teknik simple random sampling.Data penelitian diambil dengan menggunakan skala Kecerdasan Emosional dan Skala Kinerja Guru. Metode analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearrson. Hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi 0,647. Nilai koefisien korelasi tersebut positif, yang artinya semakin tinggi kecerdasan emosional guru, maka semakin tinggi pula kinerja guru, dan sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional guru, maka semakin rendah pula kinerja guru. 

References

Anwar, Saifuddin. 1999. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Cet. Ke-4.

Azwar, Saifudin. 2009. Reliabilitas dan Validitas. Liberty. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cooper, Robert K. dan Ayman Sawaf. 2002. Executive EQ, Penerjemah Alex Tri Kantjono Widodo, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dharma, Surya. 2008. Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Goleman, Daniel. 2000. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Cet. Ke-10.

Hartati, Netty., et.all. 2004. Islam dan Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mangkunegara, Anwar Prabu A.A. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Rosdakarya.

Munandir. 2001. Psikologi Pendidikan. Malang: UM Press.

Nggermanto, Agus. 2002. Quantum Quotient. Bandung: Nuansa.

Nurdin, Syafruddin dan M. Basyiruddin Usman. 2002. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press.

Rose, Colin dan Malcom J. Nicholl. 2002. Cara Belajar Cepat Abad XXI, penerjemah Dedy Ahimsa. Bandung: Nuansa.

Sabri, Alisuf M. 2001. Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Sambas Ali Muhidin dan Maman Abdurahman. 2009. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Segal, Jeanne. 2000. Melejitkan Kepekaan Emosional, penerjemah Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

Setiawan, Conny R. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Prenhallindo.

Shaleh, Abdul Rahman dan Muhbib Abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana.

Shapiro, Lawrence E. 2001. Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak, penerjemah Alex Tri Kantjono, Jakarta: Gramedia.

Simanjuntak, J. Payaman. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: LPEE UI.

Stein, Steven J. dan Howard E. Book. M. D,. 2002. Ledakan EQ. Penerjemah Trinando Rainy Januarsari dan Yudhi Murtanto. Bandung: Kaifa.

Stiadi, Aryaguna A. V. 2001. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Keberhasilan Bermain Game. Indonesian Psychological Game Journal. Vol. 17 No. 1: 44-45.

Sugiono. 2003. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Usman, Moh. Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

UUSPN. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia. Bandung: Citra Umbara. Hlm. 3.

Wayono, Tekad. 2001. Memahami Kecerdasan Emosi Melalui Kerja Sistem Limbik. Surabaya.

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2011-01-30
 
Section
Articles