The Relationship Between Dysmenorrhea Pain And Academic Flow Of Psychology Study Program Students At Muhammadiyah University Of Sidoarjo For The 2022 – 2023 Academic Year


Hubungan Nyeri Dysmenorrhea Dengan Flow Akademik Mahasiswi Prodi Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Tahun Akademik 2022-2023


  • (1)  Mergy Rochmi Pratiwi              
            Indonesia

  • (2) * Dwi Nastiti              
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena ditemukan fenomena flow akademik yang rendah diantaranya sulit berkonsentrasi, tidak dapat beraktivitas dengan normal, merasa tidak nyaman dengan kondisi fisik, kurang tertarik dengan aktivitas yang dijalaninya saat mengalami menstruasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara nyeri dysmenorrhea dengan flow akademik mahasisiwi prodi psikologi univeritas muhammadiyah sidoarjo. Penelitian ini variabel yang terdapat adalah nyeri dysmenorrhea sebagai variabel bebas dan flow akademik sebagai variabel tergantung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, Populasi dalam penelitian ini sebanyak 447 mahasiswi prodi psikologi dan penentuan sampelnya dengan menggunakan teknik non random sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 170 mahasiswi yang pernah mengalami nyeri saat menstruasi. Alat ukur yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan skala nyeri dysmenorrhea dan skala flow akademik. Analisis data hasil penelitian yang dilakukan menggunakan perhitungan statistik korelasi pearson untuk mengetahui hubungan antara variabel nyeri dysmenorrhea dengan variabel flow akademik dengan bantuan program SPSS versi 24 for windows. Hasil dari penelian ini menunjukan koefisien korelasi product moment sebesar -0,096 dengan nilai signifikansi 0,000 < (0,05). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, yaitu ada hubungan negatif antara nyeri dysmenorrhea dengan flow akademik. Artinya semakin tinggi nyeri dysmenorrhea maka semakin rendah flow akademik yang dialami mahasiswi, sebaliknya jika semakin rendah nyeri dysmenorrhea yang dialami mahasiswi maka semakin tinggi flow akademik mahasiswi. Nilai sumbagan efektif pengaruh nyeri dysmenorrhea terhadap flow akademik memperoleh hasil sebesar 1,1%.

References

[1] L. D. Lastary, A. Rahayu, S. Efficcay, and P. Akademik, “Hubungan dukungan sosial dan self efficacy dengan prokrastinasi akademik mahasiswa perantau yang berkuliah di jakarta,” vol. 2, no. 2, pp. 17–23, 2018.
[2] E. Purwati and M. Akmaliyah, “Hubungan antara Self Efficacy dengan Flow Akademik pada Siswa Akselerasi SMPN 1 Sidoarjo,” Psympathic J. Ilm. Psikol., vol. 3, no. 2, pp. 249–260, 2016, doi: 10.15575/psy.v3i2.1113.
[3] M. Santoso, “Self-efficacy dan Flow Akademik Ditinjau dari Temporal Motivation Theory pada Mahasiswa Fakultas Psikologi,” Calyptra J. Ilm. Mhs. Univ. Surabaya, vol. 3, no. 1, pp. 1–14, 2014.
[4] R. Ignatissus, “Go with the flow: Dukungan sosial dan flow akademik pada Mahasiswa,” J. Ilm. Mhs. Univ. Surabaya, vol. 2, no. 1, pp. 1–19, 2013.
[5] D. Nastiti and Cucuk Nur Cahyani, “Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Flow Akademik Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo,” Help. J. Bimbing. dan Konseling, vol. 39, no. 1, pp. 13–21, 2022, doi: 10.36456/helper.vol39.no1.a5141.
[6] N. Qurrotu Aini and I. Saripah, “Aspek-Aspek Flow Akademik,” J. Innov. Couns. Theory, Pract. Res., vol. 3, no. 2, pp. 43–51, 2019, [Online]. Available: http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling
[7] M. Mayangsari and S. D. Pratiwi, “Flow Akademik Pada Mahasiswa yang Aktif Berorganisasi dan Bekerja,” Psycho Holist., vol. 1, no. 2, pp. 47–52, 2019, [Online]. Available: http://journal.umbjm.ac.id/index.php/psychoholistic
[8] E. M. R. Putri, “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Flow Akademik Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma,” Calyptra J. Ilm. Mhs. Univ. Surabaya, vol. 5, no. 1, pp. 1–21, 2016, [Online]. Available: http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/download/2768/2110
[9] F. A. Aysila, Pengaruh Social Support Terhadap Flow Akademik Mhasiswa Yang Mengerjakan Skripsi. 2021. [Online]. Available: https://repository.unibos.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/1090/2021 Andi Fenita Aysila 4517091084.pdf?sequence=1&isAllowed=y
[10] A. Gatari, “Hubungan stres akademik dengan flow akademik pada mahasiswa,” Cognicia, vol. 8, no. 1, pp. 79–89, 2020, doi: 10.22219/cognicia.v8i1.11739.
[11] A. Markamad and Khuzaemah, “Faktor-faktor yang mempengaruhi flow akademik,” Pros. Semin. Nas. Magister Psikol. Univ. Ahmad Dahlan, pp. 201–206, 2019.
[12] A. S. Nasution, R. Jayanti, R. Munir, and S. Ariandini, “Determinan Kejadian Dismenore pada Mahasiswi,” J. Kesehat. Vokasional, vol. 7, no. 2, p. 79, 2022, doi: 10.22146/jkesvo.72218.
[13] A. Saputra, U. Khasanah, S. Hayati, and S. Susilawati, “Hubungan Disminore dengan Aktivitas Belajar pada Remaja Siswi Kelas X dan XI SMA N Rancakalong,” J. Keperawatan BSI, vol. 9, no. 2, pp. 246–252, 2021.
[14] S. SYAFRIANI, “Hubungan Status Gizi Dan Umur Menarche Dengan Kejadian Dismenore Pada Remaja Putri Di Sman 2 Bangkinang Kota 2020,” J. Ners, vol. 5, no. 1, pp. 32–37, 2021, doi: 10.31004/jn.v5i1.1676.
[15] N. Nurwana, Y. Sabilu, and A. Fachlevy, “Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Disminorea Pada Remaja Putri Di Sma Negeri 8 Kendari Tahun 2016,” J. Ilm. Mhs. Kesehat. Masy. Unsyiah, vol. 2, no. 6, p. 185630, 2017.
[16] D. P. Iswari, “Hubungan Dismenore Dengan Aktivitas Belajar Mahasiswi Psik Fk Unud Tahun 2014,” Coping Community Publ. Nurs., vol. 2, no. 3, p. 1, 2014, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/10780
[17] H. Perilaku, P. Terhadap, U. I. N. A.- Raniry, B. Aceh, and N. Aflah, “Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh 1442 H / 2021 M,” 2021.
[18] S. A. Setiawan and L. Lestari, “Hubungan Nyeri Haid (Dismenore) dengan Aktivitas Belajar Sehari-Hari Pada Remaja Putri Kelas VII Di SMPN 3 Pulung.,” J. Delima Harapan, vol. 5, no. 1, pp. 24–31, 2018, doi: 10.31935/delima.v5i1.5.
[19] N. Horman, J. Manoppo, and L. N. Meo, “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Dismenore Primer Pada Remaja Puteri Di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” J. Keperawatan, vol. 9, no. 1, p. 38, 2021, doi: 10.35790/jkp.v9i1.36767.
[20] H. Nurfadillah, S. Maywati, and I. S. Aisyah, “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Dismenore Primer Pada Mahasiswi Universitas Siliwangi,” J. Kesehat. komunitas Indones., vol. 17, no. 1, pp. 247–256, 2021.
[21] R. Susilana, “Metode Penelitian Sosial Kuantitatif,” J. Vis. Lang. Comput., vol. 11, no. 3, pp. 287–301, 2015.
[22] Sumartini, Hasnah, Risnah, and Syisnawati, “Hubungan dysmenorrhea dengan prestasi belajar mahasiswi jurusan keperawatan,” J. Islam. Nurs., vol. 3, no. 1, pp. 82–87, 2018.
[23] N. Hidayati and L. A.-A. Aulia, “Flow Akademik dan Prokrastinasi Akademik,” J. Psikol., vol. 6, no. 2, pp. 128–144, 2019.
[24] E. Kemala, J. Safitri, and R. V. Zwagery, “Hubungan antara persepsi keterlibatan ayah dalam pengasuhan dengan flow akademik pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Banjarbaru,” J. Kognisia, vol. 1, no. 2, pp. 60–64, 2018, [Online]. Available: http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/download/1548/1231
[25] W. P. Loka, W. A. Sumadja, and Resmi, “Hubungan Dysmenorrhea Dengan Aktivitas Belajar Mahasiswa Prodi Div Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Kendari,” J. Chem. Inf. Model., vol. 21, no. 2, pp. 1689–1699, 2017, [Online]. Available: https://www.oecd.org/dac/accountable-effective-institutions/Governance Notebook 2.6 Smoke.pdf
[26] D. Kurniawati and Y. Kusumawati, “Pengaruh Dismenore Terhadap Aktivitas Pada Siswi SMK,” J. Kesehat. Masy., vol. 6, no. 2, pp. 93–99, 2011.
[27] M. E. P. Putra, I. G. A. Pramitaresthi, and N. P. E. D. Yanti, “Hubungan Dismenore Primer Dengan Prestasi Belajar Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Unud,” Coping Community Publ. Nurs., vol. 8, no. 3, p. 224, 2020, doi: 10.24843/coping.2020.v08.i03.p02.
Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2024-02-12
 
Section
Articles

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'