Differences In Academic Self-Efficacy From Tutoring Of Upper Grade Elementary School Students In Sidoarjo


Perbedaan Efikasi Diri Akademik Ditinjau Dari Bimbingan Belajar Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar Di Sidoarjo


  • (1)  Muhammad Naufal Alifiandi              
            Indonesia

  • (2) * Eko Hardi Ansyah               
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Efikasi diri akademik merupakan suatu keyakinan yang ada pada diri seseorang terkait kemampuan yang dimilikinya dalam mengerjakan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efikasi diri akademik ditinjau dari bimbingan belajar siswa kelas atas sekolah dasar di sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan yaitu komparasi kuantitatif. Skala yang digunakan dalam penelitian adalah skala Efikasi diri Akademik dengan jumlah aitem sebanyak 27 aitem. Sedangkan, bimbingan belajar diperoleh dari pernyataan 185 siswa kelas atas IV, V SDN Larangan dan MI Muhammadiyah 2 Kedungbanteng. Populasi penelitian adalah siswa sekolah dasar negeri Larangan dan MI Muhammadiyah 2 Kedungbanteng kelas IV, V dengan total subjek 185 siswa. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang terdiri dari 27 aitem yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data menggunakan teknik two independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan tingkat efikasi diri akademik siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan yang tidak mengikuti menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan (p > 0.5). Hasil uji Alpha Cronbach’s menggunakan SPSS 26,0 for windows skala efikasi diri akademik didapatkan sebesar 0,890, yang artinya skala efikasi diri akademik ini reliabel. Karena jika koefisien reliabilitas mendekati angka 1, maka skala tersebut dinyatakan reliabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan yang signifikan efikasi diri akademik siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar.

References

[1] A. Alfarabi, “Hubungan tingkat religiusitas dengan flow akademik pada siswa,” Skripsi, pp. 1–40, 2017.
[2] A. Safitri and E. Sukma, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Tema 3 Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 3, pp. 3132–3144, 2020.
[3] A. R. Baron, N. R. Branscombe, and Donnbyrnt, Social psychology. New York: Pearson Education, 2009.
[4] L. Wicaksono, “Keefektivan Pemodelan Terhadap Peningkatan Efikasi-Diri Akademik Siswa Smp (Kajian Teoritik Aplikasi Teori Bandura),” J. Visi Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 3, 2015.
[5] R. Tanjung, O. Arifudin, Y. Sofyan, and H. Hendar, “Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru,” J. Ilm. MEA (Manajemen, Ekon. Akuntansi), vol. 4, no. 1, pp. 380–391, 2020.
[6] S. F. L. Zagoto, “Efikasi diri dalam proses pembelajaran,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 2, no. 2, pp. 386–391, 2019.
[7] Kemendikbud, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003,” Undang. Republlik Indones., no. 1, pp. 1–26, 2003, doi: 10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004.
[8] Bandura, Social learning theory. 1977.
[9] A. Santoso and Y. Rusmawati, “Pendampingan belajar siswa di rumah melalui kegiatan bimbingan belajar di desa Guci Karanggeneng Lamongan,” J. Abdimas Berdaya J. Pembelajaran, Pemberdaya. dan Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 02, 2019.
[10] H. Sriyono, Bimbingan dan Konseling Belajar Bagi Siswa di Sekolah-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada, 2021.
[11] M. A. Atta, A. Jamil, J. Rehman, M. Ayaz, A. Saeed, and M. A. Shah, “Effects of private home tuition on educational attainments of students at secondary school level,” World Appl. Sci. J., vol. 13, no. 6, pp. 1486–1491, 2011.
[12] M. Widyastuti and H. Kusumadewi, “Penggunaan aplikasi Duolingo Dalam meningkatkan kamampuan kosakata Bahasa Inggris pada tenaga pengajar bimbingan belajar Omega Sains Institut,” J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, 2018.
[13] E. Cooper, “Tutoring center effectiveness: The effect of drop-in tutoring,” J. Coll. Read. Learn., vol. 40, no. 2, pp. 21–34, 2010.
[14] R. P. Astuti and E. Purwanto, “Perbedaan Self Efficacy siswa dalam menghadapi ujian nasional di SMP Negeri 1 Boyolali ditinjau dari keikutsertaan bimbingan belajar,” Educ. Psychol. J., vol. 3, no. 1, 2014.
[15] I. R. HG, A. Nazra, H. Yozza, N. Narwen, Y. Yanita, and L. Yulianti, “Pelaksanaan Bimbingan Belajar Privat Serta Kajian Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Matematika Untuk Siswa Panti Asuhan,” J. Hilirisasi IPTEKS, vol. 2, no. 2, pp. 130–137, 2019.
[16] O. D. Anggraini, E. N. Wahyuni, and L. T. Soejanto, “Hubungan antara efikasi diri dengan resiliensi menghadapi ujian pada siswa kelas XII SMAN 1 Trawas,” J. Konseling Indones., vol. 2, no. 2, pp. 50–56, 2017.
[17] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet, 2016.
[18] S. Azwar, Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
[19] W. Wahdaniah, U. Rahman, and S. Sulateri, “Pengaruh Efikasi Diri, Harga Diri Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Bulupoddo Kab. Sinjai,” MaPan J. Mat. Dan Pembelajaran, vol. 5, no. 1, pp. 68–81, 2017.
[20] V. Y. Hikmawati and L. M. Taufik, “Perbandingan tingkat efikasi siswa dalam menyelesaikan soal genetika ditinjau dari keikutsertaan bimbingan belajar,” Edubiotik J. Pendidikan, Biol. dan Terap., vol. 5, no. 01, pp. 81–90, 2020.
Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2024-02-12
 
Section
Articles

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'