The Relationship Between Self-Efficacy And Acadmic Stress In Psychology Study Program Student At Muhammadiyah University Of Sidoarjo


Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo


  • (1)  Anjarsari Candra Fatmana              
            Indonesia

  • (2) * Eko Hardi Ansyah               
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan guna menguji hubungan antara self efficacy dengan stress akademik pada mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 762 dengan jumlah sampel 238 mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dalam pengmbilan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala, yaitu skala self efficacy dan stres akademik dengan menggunakan penyusunan skala psikologi yang menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan kolerasi product moment dengan bantuan SPSS for windows. Hasil dari nilai R-Square pada penelitian ini adalah 0,102 atau 10,2% sehingga membuktikan bahwa self efficacy memiliki pengaruh terhadap stres akademik. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan hasil rxy = -319 dengan taraf signifikansi 0,000. Hal ini membuktikan bahwa variabel self-efficacy dan stress akademik pada mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo memiliki hubungan yang negatif. Hubungan negatif ini dapat diartikan jika self efficacy semaki ntinggi maka tingkat stres akademik akan semakin rendah, begitupun sebaliknya apabila self efficacy semakin rendah yang dimiliki oleh mahasiswa maka tingkat stres akademik yang dirasakan oleh mahasiswa akan semakin tinggi.

References

[1] I. K. Siregar and S. R. Putri, “Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa,” Consilum, vol. 6, no. 2, 2019.
[2] W. Rohmatillah and N. Kholifah, “Stress Akademik antara Laki-laki dan Perempuan Siswa School from Home,” J. Psikol. J. Ilm. Fak. Psikol. Univ. Yudharta Pasuruan, vol. 8, no. 1, pp. 38–52, 2019, [Online]. Available: https://www.jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/2648/1871
[3] T. Indriani, “ambaran Stres Akademik Saat Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Pada Siswa Di Smk Negeri 1 Godean Tahun Pelajaran 2020/2021,” Ristekdik J. Bimbing. Dan Konseling, vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2021.
[4] E. P. Sarafino and T. W. Smith, Health Psychology: Biopsychosocial, 7th ed. New York: New Jersey: Pearson Education, Inc, 2012.
[5] O. N. L. Alvin and J. Gracinia, Handling Study Stress: Panduan Agar Anda Bisa Belajar Bersama Anak-Anak Anda, Cetakan 1. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015.
[6] D. A. W. Nirwana, A. Aries, and L. D. Novial, “Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Efikasi Diri Mahasiswa Semester Akhir S1 Keperawatan Rguler Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wiyata Husada,” J. Med. Karya Ilm. Kesehat..
[7] J. J. Tamba and D. E. Santi, “Efikasi Diri dengan Stres Akademik Siswa SMA Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi COVID-1,” 2021.
[8] S. Munir, R. Anita, and T. D. Sefnimal, “Academic Stress Factors Among Indonesian Students: A Case of IAIN Batusangka,” J. Pendidik. Progresif, vol. 10, no. 3, 2020.
[9] E. P. Sarafino and T. W. Smith, Health Psychology : Biopsychological interaction, 9 th. 2018.
[10] W. K. Oktavia, R. Fitroh, H. Wulandari, and F. Feliana, “Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik,” Pros. Semin. Nas. Magister Psikol. Univ. Ahmad Dahlan.
[11] M. Harap, B. Sulardiono, and D. Suprapto, “Analisis Tingkat Kematangan Gonad Teripang (Holothurian atra) di Perairan Menjangan Kecil, Karimunjawa,” J. Maquares, vol. 7, no. 3, pp. 1–9, 2018.
[12] R. A. Siregar, “Hubungan Self Efficacy dengan Kemandirian Belajar pada Siswa SMPIT Al-Fakhiri Sunggal,” Skripsi Univ. Medan Area, 2018.
[13] S. D. Utami, “Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Siswa Kelas XI di MAN 3 Yogyakarta,” S1 Thesis, Univ. Negeri Yogyakarta, 2015.
[14] S. Azwar, penyusunan skala psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2015.
[15] A. B. Diaz and A. Budiman, “Hubungan self-efficacy dengan stres akademik pada mahasiswa psikologi Unisba yang mengambil metodologi penelitian III,” Psikologi, vol. 6, no. 2, pp. 638–644, 2019.
[16] I. K. Siregar and S. R. Putri, “Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa,” Consilum, vol. 6, no. 2, p. 91, 2020, doi: 10.37064/consilium.v6i2.6386.
[17] S. Utami, A. Rufaidah, and A. Nisa, “Kontribusi self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19 periode April-Mei 2020,” ERAPUTIK J. Bimbing. Dan Konseling, vol. 4, no. 1, 2020.
[18] N. H. Ramli, M. Alavi, Mehrinezhad, and A. Ahmadi, “cademic stress and self-regulation among university students in Malaysia: Mediator role of mindfulness,” Behav. Sci., vol. 8, no. 1, 2020.
[19] A. Bandura, “Self-efficacy: The Exercise of Control,” W H Free. Books/ Henry Holt Co. https//psycnet.apa.org/record/1997-08589-000, 1997.
[20] D. K. Pramesta and D. K. Dewi, “Hubungan antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Siswa di SMA X Kusuma Dewi,” Character J. Penelit. Psikol., vol. 8, no. 7, 2021.
Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2024-02-13
 
Section
Articles

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'