The Relationship Between Hardiness and Student Academic Stress In Limited Face-To-Face Learning (PTM) At PGRI 9 Junior High School Sidoarjo
Hubungan Antara Hardiness dengan Stres Akademik Siswa pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTM) di SMP PGRI 9 Sidoarjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya masalah stres akademik pada siswa – siswi SMP PGRI 9 Sidoarjo. Metode penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan subyek siswa - siswi kelas IX yang berjumlah 181. Penentuan subyek menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode accidental sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah hardiness dan stres akademik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala penyusunan psikologi yaitu skala hardiness yang diadaptasi dari Putri (2010) dan stres akademik diadaptasi dari Khasanah (2021). Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan negatif antara hardiness dengan stress akademik pada siswa – siswi di SMP PGRI 9 Sidoarjo. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji statistika korelasi product moment dengan bantuan SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara hardiness dengan stres akademik pada siswa - siswi di SMP PGRI 9 Sidoarjo dengan nilai r = -,218 dengan nilai signifikansi 0,000 (P<0,05). Artinya ada hubungan yang signifikan antara hardiness dengan stres akademik pada siswa - siswi di SMP PGRI 9 Sidoarjo. Jadi, hasil hipotesis awal yang peneliti ajukan dapat diterima.
References
[2] Monks, F. J., Knoers, A.M.P., & Haditono, S. R. (2006). Psikologi Perkembangan (Pengantar dalam Berbagai Bagiannya). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
[3] Barseli, M., Ifdil, & Nikmarijal. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800
[4] Sayekti, E. (2017). Efektifitas Teknik Self-Instruction dalam Mereduksi Stress Akademik pada Siswa Kelas XI MA YAROBI Kec. Grobogan, Kab. Grobogan Tahun 2016/2017. IAIN Salatiga. Retrieved from http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1634/
[5] Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143-148.
[6] Mawakhira, N. Y., & Ma’wa, J. Y. 2020. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Stres Akademik. Psyche 165 Journal, 13(2), 235–239. https://doi.org/10.29165/psikologi.v13i2.1363
[7] Yolanda, Yuli (2021). Pengaruh Hardiness Terhadap Stres Akademik Pembelajaran Daring Masa Pandemi Pada Siswa SMP, di DKI Jakarta. Prosiding.esaunggul.ac.id
[8] Putri, S. A., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Taruna Tingkat Ii Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Empati, 6(4), 319–322.
[9] Kobasa, S. C., Maddi, S. R., & Zola, M. A. (2006). Type A and hardiness. Journal of Behavioral Medicine, 6(1), 41–51. doi: 10.1007/BF00845275.
[10] Schultz, D., & Schultz, S. E. (2015). Psychology & work today. Tenth edition. Upper Saddle River: Pretince Hall.
[11] Kardum, I., Hude-Knezevic, J., & Krapic, N. (2012). The structure or hardiness, its measurement invariance across gender and relationships with personality traits and mental health outcomes, Psihologijske teme,21(3,487-507)
[12] Maddi, S. R., & Kahn, S. (2015). Hardiness and health: A prospective study. Journal of Personality and Social Psychology, 42(1), 168–177. https://doi.org/10.1037/0022-3514.42.1.168
[13] Al Muchtar, Suwarma, (2004), Pendidikan dan Masalah Sosial Budaya, Bandung: Gelar Pustaka Mandiri
[14] Arikunto, Suharsimi (2002), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi , Jakarta : PT. Rineka Cipta
[15] Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[16] Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[17] F. Rachmawati dan T. E. Budiningsih, “Hubungan antara berpikir positif dengan stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi,” Intuisi, vol. 7, 2015.
[18] Suyanti, “Hardiness dan stres akademik belajar online pada siswa,” Psycomedia: Jurnal Psikologi, vol. 1, no. 1, Des 2021, doi: 10.35316/psycomedia.2021.v1i1.10-20.
[19] Fitriani, Mutiara. 2021. Gambaran Stres Akademik Siswa SMP Saat Pembelajaran Daring (Online) di Kota Padang. Jurnal Pamaaksara, Sosio Humanus Vol. 3 No. 1 Hal. 76-85
[20] Nurmaliyah, F. 2014. Menurunkan Stres Akademik Siswa dengan Menggunakan Teknik Self-Instruction. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(3), 273–282. Retrieved from http://journal. um.ac.id/index.php/jph/article/download/4469/951
[21] Hikmah, Y. 2014. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Eklektik Dalam Mengurangi Stress pada Anak Berprestasi Belajar Tinggi Siswa Kelas Xi Sma Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, UNIMED).
[22] Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2024 Diana Novita Sari, Ghozali Rusyid Affandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.